layanan Details

Gigi dan Mulut

.

Klinik Gigi dan Mulut RSUP Dr. Kariadi Semarang merupakan pusat rujukan nasional kesehatan gigi dan mulut di Wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Berada di bawah Kelompok Staf Medis (KSM) Gigi dan Mulut, klinik gigi dan mulut melayani perawatan pasien rawat jalan di 2 tempat, yaitu Instalasi Paviliun Garuda dan Instalasi Rawat Jalan Merpati.

Didukung oleh staf medis dokter gigi umum dan spesialis dari berbagai dispilin ilmu dengan konsep layanan terintergrasi, komprehensif dan mengutamakan keselamatan pasien (patient safety), klinik gigi dan mulut RSUP Dr. Kariadi dari tahun ke tahun mengalami perkembangan dalam segi kuantitas dan kualitas pelayanan. Saat ini, layanan unggulan yang sedang dikembangkan adalah layanan kedokteran gigi estetik dan bedah ortognatik kolaborasi dari beberapa bidang spesialistik kedokteran gigi.

Kemudahan, kenyamanan dan kepuasan pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan gigi dan mulut adalah prioritas kami. Pendaftaran online pasien melalui aplikasi Kariadi Pendaftaran Online yang dapat diunduh pada play store dari handphone berbasis android adalah komitmen rumah sakit dalam mempermudah masyarakat dalam memperoleh akses pelayanan kesehatan. Pendaftaran online menjadikan proses administrasi menjadi efisien, tidak lama, mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Informasi mengenai alur pendaftaran pasien, nama dan jadwal praktek dokter serta unit/instalasi beserta jenis layanan kesehatan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat, baik melalui aplikasi maupun melalui website RSUP Dr. Kariadi Semarang www.rskariadi.co.id

Saat ini, klinik gigi dan mulut RSUP Dr. Kariadi mempunyai 8 orang tenaga paramedis terapis gigi dan mulut dan 17 orang Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP), yang terdiri dari dokter gigi umum dan Spesialis dari 6 macam Spesialisasi di Bidang Kedokteran Gigi, yaitu :

  • Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)
  • Spesialis Ortodonsia (Sp. Ort.)
  • Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros.)
  • Spesialis Periodonsia (Sp. Perio.)
  • Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial (Sp. BM)
  • Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)

Konsultasi dengan dokter gigi umum dan spesialis selain dengan tatap muka langsung, bisa secara online menggunakan aplikasi SehatPedia yang dapat diunduh melalui handphone berbasis android.

1. Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)

Definisi :

Konservasi Gigi adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi pengunyahan gigi dapat kembali normal.

Jenis Pelayanan Spesialis Konservasi Gigi :

  • Pecegahan Gigi Berlubang (Karies)
  • Penambalan Gigi dengan bahan tambal estetik
  • Restorasi Gigi sesuai kasus : Veneer, crown/mahkota, pasak, inlay, onlay, endocrown
  • Perawatan Saluran Akar Gigi (Root Canal Treatment)
  • Perawatan Saluran Akar Ulang (Retreatment)
  • Perawatan Estetik Gigi (Penutupan celah gigi depan/diastema closure)
  • Perawatan gigi sensitif (hipersensitivitas dentin)
  • Pemutihan Gigi (At Home dan In Office Bleaching)
  • Bedah Endodontik (Apikoektomi, Bikuspidisasi, Hemiseksi, Replantasi Intensional)
  • Perawatan Perforasi, Resorpsi Gigi Internal dan Eksternal
  • Perawatan penutupan ujung akar gigi yang terbuka karena trauma atau patologis (apeksifikasi)

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

 

1. Perawatan Saluran Akar Ulang (Retreatment) pada gigi geraham pertama kanan rahang bawah.

 Foto klinis dan Rontgen sebelum perawatan :

 Foto klinis dan Rontgen sebelum perawatan

Foto klinis dan Rontgen setelah perawatan :

Foto klinis dan Rontgen setelah perawatan

 

2. Perawatan Saluran Akar pada gigi geraham kanan rahang bawah dengan diagnosis nekrosis pulpa dengan variasi anatomi akar tambahan (Radix Entomolaris). Cone Beam Computed Tomography (CBCT) digunakan untuk membantu menegakkan diagnosis dan evaluasi hasil perawatan.

 Foto klinis dan Rontgen sebelum perawatan :

Foto klinis dan Rontgen sebelum perawatan

Foto klinis tahapan proses perawatan saluran akar gigi :

Foto klinis tahapan proses perawatan saluran akar gigi :

Foto klinis dan Rontgen setelah perawatan :

Foto klinis dan Rontgen setelah perawatan :

Gambaran CBCT sebelum dan setelah perawatan :

Gambaran CBCT sebelum dan setelah perawatan

3. Perawatan gigi seri kanan rahang atas dengan diagnosis nekrosis pulpa disertai perubahan warna gigi (diskolorasi) intrinsik, crack and chipped tooth dengan kombinasi pemutihan gigi (bleaching internal) teknik walking bleach dan veneer direk resin komposit.

Perawatan gigi seri

 

4. Perawatan Pemutihan Gigi (In Office Bleaching) pada pasien dengan diagnosis perubahan warna gigi (diskolorasi) eksternal karena kebiasaan minum teh dan kopi.

Foto klinis sebelum perawatan :

Perawatan Pemutihan Gigi

 

 

2. Spesialis Ortodonsia (Sp. Ort.)

 

Definisi :

Ortodonsia adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk memperbaiki atau membetulkan letak gigi yang tidak teratur atau tidak rata. Perbaikan malposisi dan malrelasi gigi dengan rahang menggunakan kawat gigi (behel).

Jenis Pelayanan Spesialis Ortodonsia :

  • Merapikan susunan gigi
  • Koreksi hubungan antar rahang
  • Koreksi hubungan rahang dengan kepala
  • Perawatan ortodontik sebelum pembuatan protesa gigi
  • Perawatan Bedah Ortognatik kerja tim dengan Spesialis Bedah Mulut

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

Pasien wanita (25 tahun) dengan Diagnosa Maloklusi Angle Kelas III. Gambaran klinis pasien sebelum dan setelah perawatan ortodontik selama 2 tahun.

Spesialis Ortodonsia

 

3. Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros.)

Definisi :

Prostodonsia adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan penggantian gigi-gigi yang sudah tanggal dan jaringan rongga mulut serta maksilofasial yang sudah rusak dengan pengganti tiruan (protesa). Tujuan perawatan prostodonsia adalah untuk mempertahankan dan mengembalikkan fungsi rongga mulut, kenyamanan, estetika dan kesehatan pasien.

Jenis Pelayanan Spesialis Prostodonsia :

 Spesialis Prostodonsia

  • Bridge adesif dengan bahan Fiber Reinforce Composite (FRC)
  • Prostetik maksilofasial (wajah dan tulang rahang) : protesa hidung dan obturator
  • Implan Gigi

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

  1. Perawatan kehilangan beberapa gigi depan (missing teeth) pasca pencabutan gigi menggunakan gigi tiruan (protesa gigi) sebagian lepasan.

 

2. Perawatan rehabilitasi pasca operasi bedah tulang rahang atas (maksilektomi) menggunakan obturator.

obturator

 

 4. Spesialis Periodonsia (Sp. Perio.)

Definisi :

Periodonsia adalah bidang spesialistik yang bertujuan untuk melakukan perawatan penyakit jaringan periodontal atau jaringan penyangga gigi meliputi gingiva (gusi), tulang alveolar, sementum dan ligamen periodontal. 

Jenis Pelayanan Spesialis Periodonsia :

  • Perawatan peradangan gusi (gingivitis/gusi berdarah) yang disebabkan penumpukan plak dan karang gigi
  • Diagnosis dan perawatan penyakit atau kelainan yang terjadi pada gusi (pewarnaan pada gusi, gusi yang melepuh dan infeksi)
  • Pembersihan karang gigi secara menyeluruh sampai pada permukaan akar gigi yang menyebabkan kegoyangan gigi dan periodontitis (deep scaling)
  • Perawatan gigi goyang (splinting)
  • Perawatan kerusakan tulang alveolar dengan penambahan material pembentuk tulang (bone grafting)
  • Perawatan poket gingival dan periodontal dengan Kuretase (tindakan pendangkalan poket)
  • Perawatan gusi yang membesar (gingival enlargement) dengan tindakan bedah (gingivektomi) ataupun dengan tindakan non bedah
  • Penggantian gigi yang hilang dengan pemasangan dental implant
  • Perawatan gigi hilang yang disebabkan penyakit periodontal dengan pemasangan gigi tiruan sebagian

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

5. Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial (Sp. BM)

Definisi :

Bedah mulut dan maksilofasial adalah salah satu cabang profesi spesialis dalam bidang ilmu kedokteran gigi, seorang ahli bedah mulut dan maksilofasial melakukan pembedahan pada kelainan atau penyakit di daerah sekitar mulut (oral) serta daerah rahang dan wajah (maksilofasial) dengan tujuan perawatan medis dan estetika atau keduanya.

Jenis Pelayanan Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial :

  1. Pencabutan gigi sesuai indikasi medis : gigi nekrosis sumber fokal infeksi atau indikasi estetik untuk kebutuhan perawatan ortodonsia.
  2. Odontektomi atau pembedahan gigi terbenam atau tumbuh miring (impaksi) dalam rahang atau pengambilan gigi geligi metode terbuka.
  3. Implant gigi atau menanam gigi tiruan dalam rahang untuk kebutuhan rehabilitasi gigi atau mengganti gigi yang hilang.
  4. Enukleasi kista rahang yaitu tindakan pengambilan benjolan kistik (berisi cairan atau bahan setengah cair) dalam rahang beserta kapsulnya.
  5. Reseksi dan rekonstruksi rahang akibat tumor atau benjolan pada rahang .
  6. Reposisi atau fiksasi rahang dengan pengembalian posisi rahang salah satunya akibat patah tulang rahang (fraktur) dan wajah dengan metode terbuka dan tertutup.

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

Pasien wanita (33 tahun) dengan Diagnosa Tumor Rahang Bawah Kanan pasca operasi  Hemimandibulektomi dextra dan rekonstruksi dengan plat. Gambaran ronsen dan klinis pasien sebelum dan setelah kontrol 5 bulan pasca operasi.

Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

 

6. Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)

Definisi :

Kedokteran Gigi Anak adalah bidang spesialistik yang bertujuan memberikan perawatan gigi dan mulut yang berfokus pada pertumbuhan anak dari lahir hingga remaja. Perawatan gigi dan mulut yang diberikan mulai dari pencegahan penyakit gigi dan mulut pada usia dini sehingga gigi dapat dipertahankan dalam kondisi yang sehat. Perawatan lain yang dapat diberikan adalah perawatan gigi berlubang (karies), penyakit jaringan penyangga gigi, gangguan mineralisasi dan gangguan perkembangan gigi dan erupsi gigi, cidera traumatik pada gigi anak, serta perawatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus.

Jenis Pelayanan Spesialis Kedokteran Gigi Anak :

  • Pencegahan gigi berlubang pada anak (karies)
  • Perawatan pulpa pada anak
  • Perawatan penambalan gigi susu/desidui dan gigi permanen pada anak
  • Perawatan perkembangan oklusi gigi anak
  • Perawatan kelainan jaringan lunak pada anak
  • Perawatan anomali pada gigi anak
  • Perawatan kesehatan gigi dan mulut pada anak berkebutuhan khusus
  • Perawatan trauma pada gigi anak

Foto sebelum dan sesudah perawatan (hasil perawatan) :

  1. Perawatan apikal fenestrasi pada gigi seri kanan dan kiri rahang atas disertai epulis pada regio kanan dengan tindakan pencabutan gigi anak.

 

 

3. Perawatan penutupan celah pada gigi depan rahang atas.

penutupan celah pada gigi depan rahang atas

7. Dokter Gigi Umum

Definisi :

Dokter gigi umum adalah tenaga medis non-spesialistik yang memberikan pengobatan dan perawatan kelainan/penyakit pada gigi dan mulut sesuai kompetensi.

Jenis Pelayanan Dokter Gigi Umum :

  • Pemeriksaan gigi dan mulut serta pengobatan sakit gigi
  • Dental health education
  • Pencegahan gigi berlubang atau karies (topikal aplikasi fluor, fissure sealant)
  • Penambalan gigi
  • Restorasi Gigi sesuai kasus : crown/mahkota, pasak, inlay, onlay
  • Perawatan penyakit jaringan pulpa (kaping pulpa dan perawatan saluran akar tunggal)
  • Pencabutan/ekstraksi gigi dengan anestesi lokal
  • Pembersihan karang gigi (scaling)
  • Pembuatan gigi palsu (protesa gigi)

STRUKTUR ORGANISASI KSM GIGI DAN MULUT RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

  • Ketua KSM : drg. Budi Wibowo, Sp. Ort.
  • Sekretaris : drg. Gustantyo Wahyu Wibowo, Sp. KG
  • Bendahara : drg. Rendy Sumali, Sp. Perio.
  • Koordinator Mutu dan Pelayanan : drg. Muhammad Reza Pahlevi, Sp. BM
  • Koordinator Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian : drg. Devi Farida Utami, Sp. BM (K)
  • Koordinator Penyuluhan, Promosi Kesehatan dan Pengabdian Masyarakat : drg. Maria Regis Aswita

 

  • Koordinator Divisi :

1. Divisi Ortodonsia: drg. Djoko Priyanto, MARS, Sp. Ort.
2. Divisi Konservasi Gigi : drg. Resta Diamawati, Sp. KG
3. Divisi Bedah Mulut dan Maksilofasial : drg. Devi Farida Utami, Sp. BM (K)
4. Divisi Periodonsia : drg. Rendy Sumali, Sp. Perio.
5. Divisi Kedokteran Gigi Anak : drg. Diah Ajeng Purbaningrum, MDSc., Sp. KGA
6. Divisi Prostodonsia : drg. Windriyatna, Sp. Pros.

 

Profil masing-masing Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) KSM Gigi dan Mulut RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagai berikut :

Spesialis Konservasi Gigi

 

     
drg. Resta Diamawati, Sp. KG drg. Sri Yuniarti Rahayu, Sp. KG, MARS drg. Gustantyo Wahyu Wibowo, Sp. KG

 

Spesialis Ortodonsia

     

drg. Djoko Priyanto, MARS, Sp. Ort.

drg. Raden Ajeng Siti Fardani, Sp. Ort. drg. Budi Wibowo, Sp. Ort.
     

drg. Feni Norma Zunita, M.Kes., Sp. Ort.

   

 

 

Spesialis Prostodonsia

     

drg. Windriyatna, Sp. Pros.

   

 


Spesialis Periodonsia

     

drg. Rendy Sumali, Sp. Perio.

   

 


Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

     

drg. Devi Farida Utami, Sp. BM (K)

drg. Muhammad Reza Pahlevi, Sp. BM. drg. Ahmad Saptadi, Sp. BM

 

Spesialis Kedokteran Gigi Anak

     

drg. Diah Ajeng Purbaningrum, MDSc., Sp. KGA

   

 


Dokter Gigi Umum

     

drg. Titi Nindya Respati

drg. Lilik Andriani, MARS. drg. Maria Regis Aswita.
     

drg. Etis Duhita Rahayuningtyas *

   

* (sedang Tugas Belajar PPDGS Ilmu Penyakit Mulut di FKG Universitas Padjajaran Bandung)

Klinik gigi dan mulut RSUP Dr. Kariadi Semarang mempunyai fasilitas antara lain ruang tunggu yang nyaman, bersih, terkoneksi Wifi, dan dilengkapi dengan media edukasi kesehatan gigi dan mulut. Penggunaan alat dan bahan kedokteran gigi yang terkini serta alat medis yang steril terstandar akreditasi rumah sakit internasional menjamin pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan tetap mengedepankan keselamatan pasien. Peralatan Cone Beam Computed Tomography (CBCT) yang dimiliki RSUP Dr. Kariadi merupakan alat pemeriksaan penunjang radiografi terkini yang membantu dokter gigi dalam menegakkan diagnosis kelainan gigi dan mulut.

Klinik Gigi dan Mulut RSUP Dr. Kariadi Semarang telah menggunakan Rekam Medis Elektronik, dimana penggunaan teknologi ini menjadikan data informasi kesehatan pasien tersimpan lebih baik yang berimbas pada pemberian pelayanan kesehatan yang terintegrasi, cepat dan meminimalisir terjadinya human error.

 

Selain memberikan pelayanan medis, Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) KSM Gigi dan Mulut RSUP Dr. Kariadi juga rutin mengadakan agenda kegiatan berupa :

  1. Rapat rutin bulanan dan diskusi kasus.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap sebulan sekali dengan agenda sosialisasi dan penyampaian informasi terkini mengenai regulasi Rumah Sakit, journal reading, dan diskusi bersama tatalaksana kasus pasien dari berbagai macam bidang spesialistik secara bergantian.

  1. Bimbingan dan asistensi mahasiswa koas Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pendalaman materi mengenai kesehatan gigi dan mulut bagi mahasiswa Koas Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mulai dari pemeriksaan, penentuan diagnosis hingga tatalaksana kasus. Diharapkan dari kegiatan ini diperoleh pemahaman yang benar bahwa kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan umum secara keseluruhan.

  1. Penelitian dan publikasi ilmiah di berbagai jurnal nasional maupun internasional.

RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagai Rumah Sakit Tipe A Pendidikan mendukung dan mendorong seluruh karyawan termasuk staf medis untuk melakukan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Bentuk dukungan yang diberikan salah satunya dengan berlangganan jurnal internasional berbayar yang dapat diakses secara gratis melalui ClinicalKey.

Beberapa penelitian dan laporan kasus dari staf medis KSM Gigi dan Mulut telah dipublikasikan di Jurnal baik nasional maupun internasional. KSM Gigi dan Mulut memiliki perpustakaan kecil yang berisi koleksi buku-buku di bidang Kedokteran Gigi terbitan dalam dan luar negeri yang bisa dimanfaatkan staf medis dan mahasiswa kedokteran untuk mencari sumber pustaka yang mendukung proses pelayanan medis maupun penelitian dan publikasi ilmiah.

  1. Seminar Kedokteran Gigi.

Agenda ilmiah KSM Gigi dan Mulut ini dilaksanakan rutin setiap 2 tahun sekali dengan skala kegiatan lokal dan nasional, melibatkan peserta dokter gigi umum, dokter gigi spesialis dari berbagai bidang, serta mahasiswa kedokteran gigi. Acara seminar terakhir yang diadakan adalah Seminar Ilmiah Kedokteran Gigi GIGIKU 2019 dengan tema Peningkatan Pelayanan Gigi dan Mulut dengan Pendekatan Multidisiplin Ilmu yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juli 2019 di Hotel Santika Premiere Semarang.

Informasi mengenai peta lokasi, jalur dan moda transportasi yang digunakan untuk menuju RSUP Dr. Kariadi Semarang

 

Pesawat

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Kereta Api

  1. Stasiun Tawang Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi
  2. Stasiun Poncol Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Bus

  1. Dari Terminal Mangkang (Barat Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Mangkang - Penggaron)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  2. Dari Terminal Terboyo (Utara Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo- Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  3. Dari Terminal Penggaron (Timur Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Penggaron- Mangkang)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  4. Dari Terminal Banyumanik (Selatan Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Sisemut- Terboyo)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi

Trans Semarang


Last Update : 14-Sep-19 By: hukmas
Share: