layanan Details

Rehabilitasi Medik

Pelayanan Rehabilitasi Medik di RSUP dr. Kariadi Semarang adalah pelayanan kesehatan yang menyeluruh (komprehensif) dalam gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi sakit, penyakit, atau cedera, melalui panduan intervensi medik, terapi fisik, dan / atau rehabilitasi untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal.

Konsep Rehabilitasi Medik sudah dikenal dan dipraktekkan sejak jaman dahulu dalam sejarah peradaban umat manusia, tetapi baru berkembang menjadi sebuah profesi dan spesialisasi di abad ke-20. Rehabilitasi Medik adalah penggunaan modalitas fisik seperti cahaya, panas, dingin, air, listrik, pijat, manipulasi, latihan dan alat-alat mekanik untuk tujuan diagnostik dan terapeutik.
Rehabilitasi Medik merupakan penerapan ilmu kedokteran fisik dan teknik untuk membantu pasien mencapai fungsi maksimal dan penyesuaian dirinya secara fisis, mental, sosial dan vokasional untuk mencapai kehidupan yang berkualitas sesuai dengan kemampuan dan disabilitasnya.

Layanan Rehabilitasi Medik di Indonesia dikenal sejak tahun 1947, saat Prof. Dr. R. Soeharso mendirikan Pusat Rehabilitasi untuk penyandang disabilitas yang merupakan korban perang kemerdekaan. Oleh karena tuntutan kebutuhan yang meningkat, maka pada tahun 1973, Menteri Kesehatan mendirikan layanan rehabilitasi di RS Dr. Kariadi Semarang sebagai pilot project yang disebut Preventive Rehabilitation Unit (PRU).

Keberadaan unit ini menunjukkan keberhasilannya dalam peningkatan layanan kesehatan dan mempersingkat lama rawat di RS. Hingga saat ini, layanan Rehabilitasi Medik terus berkembang dan saat ini menjadi spesialisasi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. 

Pelayanan Rehabilitasi Medik RSUP dr Kariadi semakin berkembang dari tahun ke tahun dengan pelayanan unggulan di divisi Rehabilitasi Medik pada Geriatri, Muskuloskeletal, Neuromuskuler, Kardiorespirasi, dan Pediatri.


Pelayanan Rehabilitasi Medik tersebut meliputi:


1. Rehabilitasi Medik pada Penyakit Muskuloskeletal (rehabilitasi medik pada patah tulang, cedera ligamen dan otot, radang sendi, nyeri leher)

2. Rehabilitasi Medik pada Penyakit Neuromuskuler (rehabilitasi medik pada stroke, saraf terjepit, kelumpuhan, cedera saraf)

3. Rehabilitasi Medik pada Penyakit Kardiorespirasi (rehabilitasi medik pada bedah jantung, gagal jantung, penyakit paru menahun)

4. Rehabilitasi Medik pada Penyakit Geriatri (rehabilitasi medik pada parkinson, mengompol, kelemahan anggota badan)

5. Rehabilitasi Medik pada Pasien Pediatri (rehabilitasi medik pada lumpuh otak, kaki pengkor, gangguan tumbuh kembang, terlambat bicara)

rehab medik

Tim layanan KSM Rehabilitasi Medik terbagi menjadi lima divisi:

DIVISI GERIATRI
dr. Lanny Indriastuti, Sp.KFR-K
dr. Endang Ambarwati, Sp.KFR-K

DIVISI MUSKULOSKELETAL
dr. Rudy Handoyo, Sp.KFR-K

DIVISI KARDIORESPIRASI
dr. Sri Wahyudati, Sp.KFR-K

DIVISI PEDIATRI
dr. I Made Widagda, Sp.KFR
dr. Intan Kartika Dewi, SpKFR

DIVISI NEUROMUSKULAR
dr. Robby Tjandra, SpKFR

Fasilitas Peralatan yang tersedia di KSM Rehabilitasi Medik adalah:

1. Terapi Panas
Alat: Ultrasound, infra red, short wave diathermy, microwave diathermy, parafin bath Terapi ini secara umum bermanfaat untuk mengurangi nyeri, melenturkan jaringan, dan penyembuhan jaringan.

2. Terapi Dingin
Alat: Cryoterapy

Terapi ini bermanfaat untuk menurunkan nyeri, menurunkan peradangan, dan  mengurangi bengkak.

3. Traksi
Terapi ini bermanfaat pada gangguan saraf, sendi, maupun otot pada tulang belakang.

4. Terapi Listrik
Terapi dengan menggunakan listrik bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan men stimulasi saraf dan otot.

5. Gymnasium
Ruang ini digunakan untuk melakukan berbagai macam latihan yang bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, lingkup gerak sendi, kemampuan mobilisasi dan berjalan, serta meningkatkan kebugaran fisik.

6. Ergocycle
Alat ini merupakan sepeda statis yang didapat digunakan untuk melatih kekuatan otot, lingkup gerak sendi, dan kebugaran fisik.

7. Pulley system
Alat ini digunakan untuk melakukan latihan kekuatan otot.


8. Continous passive movement (CPM)
CPM merupakan alat yang digunakan untuk melatih lingkup gerak sendi secara pasif.

9. Parallel bar
Parallel bar digunakan pada pasien untuk latihan berjalan.


10. Ruang snoezellen dan sensori integrasi
Terapi Snoezelen adalah suatu aktifitas yang dirancang untuk anak dengan hiperaktif ataupun hipoaktif.


11. Hidroterapi
Pool therapy, hubbard tank, whirlpool Terapi ini bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan otot, menurunkan nyeri, dan memberikan efek relaksasi.
Dalam melakukan pelayanan dengan fasilitas yang tersedia, KSM Rehabilitasi Medik bekerjasama dengan Tim Rehabilitasi Medik Instalasi Murai yang terdiri dari Tim Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, Terapi Wicara, Sosial Medik, dan Perawat.

Dalam melakukan pelayanan dengan fasilitas yang tersedia, KSM Rehabilitasi Medik bekerjasama dengan Tim Rehabilitasi Medik Instalasi Murai yang terdiri dari Tim Fisioterapi, Okupasi Terapi, Ortotik Prostetik, Terapi Wicara, Sosial Medik, dan Perawat.

Gambar 1. Gedung Rehabilitasi Medik

SNOZELEN

Gambar 2.                                                                           

RSUP dr. Kariadi saat ini menjadi pusat rujukan untuk daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. KSM Rehabilitasi Medik sebagai unit yang seirama dengan visi dan misi RSUP dr. Kariadi “Menjadi Rumah Sakit Pendidikan dan Rujukan Nasional yang Unggul”, selalu berbenah dan mengembangkan diri dengan peningkatan sumber daya manusia, pengembangan ilmu dengan melaksanakan dan memfasilitasi penelitian yang berkualitas sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan dan menjadi rujukan yang paripurna bermutu tinggi.

KSM Rehabilitasi Medik bergerak sesuai dengan falsafah Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dengan meningkatkan kemampuan fungsional seseorang sesuai dengan potensi yang dimiliki, mempertahankan dan/atau meingkatkan kualitas hidup dengan cara mencegah atau mengurangi hendaya, disabilitas, dan kecacatan semaksimal mungkin. Layanan kami mengakar dari falsafah ini, bahwa selalu ada cara untuk membantu pasien.

KSM Rehabilitasi Medik terus meningkatkan kualitas kinerjanya antara lain melalui:

 

KSM Rehabilitasi Medik turut melakukan penelitian dan publikasi sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang juga selaras dengan visi dan misi RSUP dr. Kariadi Semarang. Agenda kegiatan ilmiah tersebut antara lain

Dalam rangka peningkatan kompetensi peserta didik, KSM dan program studi Rehabilitasi Medik RSUP Dr. Kariadi juga bekerjasama dengan beberapa rumah sakit jejaring di seluruh penjuru Nusantara. Rumah sakit yang bekerja sama dengan KSM Rehabilitasi Medik RSUP dr. Kariadi antara lain:
1. Rumah Sakit Nasional Diponegoro, Semarang
2. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten
3. Rumah Sakit Umum Daerah Kartini, Jepara
4. Rumah Sakit Umum Daerah Kayen, Pati
5. Rumah Sakit Umum Daerah Meranti, Kabupaten Kepulauan Meranti.

KSM Rehabilitasi Medik turut melakukan agenda kegiatan ilmiah secara rutin sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang juga selaras dengan visi dan misi RSUP dr. Kariadi Semarang.

Agenda kegiatan
ilmiah tersebut antara lain:

1. Menjadi pembicara serta mengikuti presentasi oral dan poster saat Pertemuan Ilmiah Tahunan

Informasi mengenai peta lokasi, jalur dan moda transportasi yang digunakan untuk menuju RSUP Dr. Kariadi Semarang

Pesawat

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Kereta Api

  1. Stasiun Tawang Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi
  2. Stasiun Poncol Semarang ⇒ Taxi ⇒ RSUP Dr. Kariadi

Bus

  1. Dari Terminal Mangkang (Barat Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Mangkang - Penggaron)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  2. Dari Terminal Terboyo (Utara Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo- Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  3. Dari Terminal Penggaron (Timur Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 1 (Penggaron- Mangkang)
    • Turun di halte Balai Kota (jalan Pemuda)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Terboyo - Sisemut)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi
  4. Dari Terminal Banyumanik (Selatan Kota Semarang)
    • Naik Bus Trans Semarang Koridor 2 (Sisemut- Terboyo)
    • Turun di halte RSUP Dr. Kariadi


Last Update : 04-Dec-19 By: hukmas
Share: